11-12-13


11-12-13. Tanggal 11, bulan 12, tahun 2013. Pukul 22.40, sepulang dari rumah duka. Hari yang begitu banyak cerita dengan berbagai warna kehidupan. Mungkin tema yang cocok untuk hari ini adalah “kehidupan”. Mengapa?
Sehari sebelumnya, profil pic di Line dan BBM hp androidku dalam pose memegang kue ultah dengan lilin angka 25 di atasnya. Timbul riak-riak kecil nan menarik dari para murid dan teman-teman. Benarkah Pak Eddy (baca: Park Eh Di, ) usianya sesuai dengan angka tersebut atau lilinnya terbalik pasangnya (terlalu yang mikir gitu, ck3x…).

Kue ulang tahun

Ulang tahun ke berapakah saya? 🙂

Jujur, kue tersebut adalah kejutan untuk teman kami yang berulang tahun kemarin. Melihat angkanya yang menarik, kemudian berpikir dan menimbang besok saya juga berulang tahun, akhirnya saya memutuskan untuk mengeluarkan bakat alam saya,  menjadi model. (Yang protes dapat minus ya… peace…). Dan akhirnya jadilah foto di atas. Pertanyaan dari akhir paragraf yang tidak memenuhi kaidah Bahasa Indonesia ini adalah “Benarkah Pak eddy berulang tahun yang ke-25?” (Ingat, tolong dibaca Park Ed Di) Cari tahu sendiri jawabannya ya.
Jam 12 tengah malam lewat beberapa detik, pesan-pesan mulai masuk. Sebagian besar adalah dari murid-murid bimbel EDC. Ucapan selamat ulang tahun dan harapan-harapan yang indah-indah serta tak lupa menagih jawaban quiz berapakah usiaku dalam foto di atas.

Berbicara soal ulang tahun, kita kembali lagi diingatkan tentang kelahiran, awal kehidupan manusia. Momen bersyukur untuk hidup yang berhasil dijalani sampai detik ini hingga harapan-harapan baik di masa depan.
Saya baru sadar sekitar 2 minggu lalu saat seorang murid bimbel kelas 8 SMP yang berkata, “Pak, ulang tahun Pak Eddy tahun ini angkanya cantik, 11-12-13”. Jujur saya lebih suka kalau dikatakan angka GANTENG karena lebih mencerminkan diri saya (Warning: tadak boleh protes atau merasa mual). Tak lupa percakapan dengan mereka diakhiri dengan “todongan” minta ditraktir makan. Sebenarnya percakapan tersebut tidak benar-benar berakhir karena di hari-hari berikutnya semakin santer mereka tekankan janji saya untuk mentraktir mereka makan sate di depan tempat bimbel. Ck3x…

Pada tanggal ini pula sekitar dua tahun lalu, teman baik nan akrabku melangsungkan acara pernikahannya. Sungguh terlalu, kenapa dia harus menikah di tanggal aku berulang tahun. Hehe… Kemarin, Bu Eddy aka istri tercinta menyarankan temanku untuk merayakan ulang tahun pernikahannya di Gardenia (promosi gratis, harusnya saya dibayar dengan voucher menginap gratis, pokoknya yang gratislah, I Love Gratisan).

Pernikahan adalah bagian penting dalam perjalanan hidup manusia. Ketika bertumbuh dewasa, pernikahan adalah suatu pilihan penting dalam hidup. Ada orang yang mungkin begitu ngebet pengen menikah, kecewa atau bahagia dengan pernikahannya, pengen mengakhiri pernikahannya, atau mungkin tidak pengen menikah. Pernikahan boleh dikatakan cara yang dianggap baik oleh norma masyarakat sebagai jalan untuk menciptakan kehidupan baru di muka bumi ini. Sejak saya menikah, sudah begitu banyak orang-orang yang perhatian menanyakan atau memberikan pernyataan sudah punya anak belum, kapan punya anak, kenapa belum punya anak, harus punya anak oh, dll., dsb., dst. Terima kasih untuk saran dan perhatian dari kalian.  Yang mau saya sampaikan di sini adalah kalau berbicara tantang pernikahan, jadi teringat tentang kehidupan pula.

Di hari ini pula, pesan-pesan yang masuk ke HP-ku yang awalnya adalah ucapan selamat ulang tahun, kemudian berlanjut menjadi ikut turut berduka cita. Karena di hari ini pula, tanggal 11, bulan 12, tahun 2013, kakek dipanggil pulang oleh Yang Maha Kuasa setelah semingguan ini sempat berjuang dengan kondisi pasca operasinya. Dua jam sebelumnya masih sempat kubesuk dan kuvideokan kondisinya di ruang ICU yang menurutku sudah membaik Karen bisa merespon orang yang berbicara padanya. Terakhir , sebelum pulang dari rumah sakit, masih kusampaikan kepada paman yang bertanya kepadaku apakah kakek akan sembuh. Saya begitu yakinnya beliau akan sembuh karena kondisinya yang sudah bisa merespon orang yang berbicara kepadanya walau dengan desahan suara dan menurutku kakek hanya sakit biasa, mungkin fisik tuanya saja yang lemah. Dengan perawatan intensif kemungkinan besar akan membaik.

Beberapa menit di rumah, HP kembali berbunyi dan keluarga disarankan untuk berkumpul di rumah sakit. Kaget nan bingung, saya langsung tancap gas kembali ke rumah sakit dengan diiringi macetnya jalan ayani di GOR dan sekitarnya karena ada momen wisuda dan guyuran hujan gerimis pembuka hujan deras setiba saya tiba di rumah sakit. Hampir setengah jam untuk sampai dari Paris II ke Kharitas. Masih sempat melihat kakek yang kembali bernafas dan keluarga yang menangis sudah mulai tenang. Tapi tak lama berselang, “Kakekmu sudah berpulang”.

Kematian juga bagian dari kehidupan manusia. Kematian adalah penutup perjalanan hidup manusia. Kenapa tema hari ini adalah kehidupan? Karena di hari ini saya disuguhi kelahiran, pernikahan, dan kematian. Di hari ini saya awali dengan mengingat kembali kelahiranku, kemudian dilanjutkan dengan ucapan selamat untuk ulang tahun pernikahan teman baikku, dan akhirnya ditutup dengan kepergian kakek tercinta. Semuanya terjadi dalam hari ini, di tanggal yang katanya istimewa, 11-12-13.

Sebagai penutup, saya ingin mengucapkan selamat ulang tahun untuk diriku sendiri, semoga diri ini semakin bertambah baik seperti harapanku dan harapan banyak orang. Terima kasih untuk istri tercinta yang sudah menyiapkan kue ultah dan hadiah kejutan yang luar biasa. Terima kasih untuk keluarga, teman-teman, mahasiswa, dan murid-murid yang begitu menyenangkan dan sudah menyampaikan doa dan harapannya. Maaf, traktiran sate atau lamongannya dipending dulu. Kemudian, selamat atas pernikahan teman baikku yang sudah dilewati dua tahun, semoga pernikahan kalian langgeng dan bahagia. Dan terakhir, selamat jalan untuk kakek tercinta yang sudah banyak berjasa dalam hidupku. Terima kasih untuk nasihat-nasihatnya. Terima kasih telah membesarkan ibu yang baik buat kami. Selamat untuk hidup yang telah dijalani hingga akhir.

Advertisements

2 thoughts on “11-12-13

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s