Selamat Tahun Baru Imlek 2565


Selamat tahun baru imlek 2565-kuda

Waktu kecil, hari pertama imlek, pagi-pagi buta sudah bangun untuk mandi, padahal malamnya pasti kurang tidur karena suara petasan dan kembang api yang sahut-menyahut. Bayangkan, menjelang jam 5 pagi, langit masih gelap, sudah pada sibuk mandi di luar. Jujur, saya dak jelas apa yang dikejar. Apa cepat-cepat ingin merasakan resminya mengenakan baju baru buat imlek atau cepat-cepat bersiap agar cepat dapat kantong kertas merah beserta isinya yang jadi incaran utama atau ingin segera bisa bermain-main di luar sambil menyalakan petasan yang stoknya masih ada. Atau dan atau yang lain-lain. Yang jelas, senang saja rasanya, imlek akhirnya tiba dan ingin dinikmati seawal mungkin.

Saat imlek, ada istilah “Menanggok Angpao”, hahaha… Jadi pengen kembali ke masa-masa saat saya masih dapat menggunakan istilah itu untuk diri sendiri. Tanggok atau tangguk adalah alat yang berbentuk jaring untuk menangkap ikan. Untuk mendukung defini saya yang masih menimbulkan ambigu ini, lihat gambarnya di bawah. 🙂

Tanggok/Tangguk

Tanggok/Tangguk

Nah, tahu kan benda ini. Sesuai dengan fungsi benda yang digunakan, jadi istilah menanggok angpao berarti kegiatan mengumpulkan angpao. Jangan bilang ada yang tidak tahu angpao itu apa ya, terus minta contoh angpao dari saya beserta isi-isinya (itu salah satu “trik” menanggok angpao).

Berbahagialah yang masih anak-anak atau remaja karena itulah masa-masa mendapatkan angpao dari orang tua atau kerabat yang sudah dewasa. Bagi yang sudah bekerja atau mempunyai penghasilan sendiri saat ini, harusnya lebih berbahagia karena inilah salah satu kesempatan menunjukkan kasih Anda kepada orang tua, keluarga, anak-anak teman, tetangga, dll. Satu lagi, dan kepada saya jika Anda berkenan, hahahaha…(lagi-lagi “trik” menanggok angpao).

Sudah waktunya untuk bersiap makan keluarga, singkat saja tulisan kali ini. Pesan bagi yang masih mendapatkan angpao, syukuri apa yang diberikan dan jangan protes terhadap jumlah isi di dalamnya. Lihatlah niatan baik yang memberi. Semoga hasil tanggokannya meningkat tahun ini. Bagi yang memberi, berilah sesuai kemampuan kepada yang layak menerimanya. Syukuri kesempatan menjadi berkat bagi orang lain. Dan syukuri juga istilah baru yang Anda dapat gunakan saat ini, “Angpao Ditanggok”, wkwkwkwk…

Bagi yang merayakan Tahun Baru Imlek:

Selamat merayakan “SA CAP ME” malam ini

dan

“SELAMAT TAHUN BARU IMLEK 2565”

Ingat jaga kesehatan dan semoga kita semua berbahagia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s