Sains Dalam Kehidupan


Sains dalam Kehidupan

Sains? Saat mendengar kata tersebut, saya jujur langsung terpikir kepadascientist segerombolan orang botak dan keribo yang melakukan penelitian di sebuah laboratorium. Dan menghabiskan seluruh hidupnya di laboratorium tanpa memikirkan dunia luar yang begitu indahnya. Apa yang mereka lakukan? Mereka dengan gigihnya memasukkan berbagai macam cairan kimia ke dalam tabung dan menunggu reaksinya, bahkan hingga laboratorium menjadi korban keganasan cairan-cairan tersebut. Dan untungnya pikiran saya tidak sepenuhnya salah. Ternyata sains memang merupakan lahan mencari nafkah dan kebenaran bagi orang-orang botak maupun orang tidak botak yang menjadi seorang ilmuwan. Berkat para ilmuwan ini kita dapat menikmati berbagai kebenaran dunia dan benda-benda elektronik yang lahir karena penemuan para ilmuwan.

Walaupun sains pada dasarnya bertujuan untuk mengumpulkan berbagai pengetahuan tentang dunia, pada kenyataannya sains tidak dapat dan tidak bisa berada dalam lingkup sosial yang kosong nan hampa. Karenanya sains tidak dapat dipisahkan dari upaya-upaya umat manusia (ya, para ilmuwan yang mayoritas berkepala botak dan keribo). Sains tidak bisa diartikan secara khusus, karena sains merupakan suatu kata yang memiliki lingkup yang sangat luas. Baik dalam sejumlah persoalan sosial, politik, agama, serta filsafat. Oleh karena itu, materi sains yang diajarkan di sekolah harus sesuai dengan lingkungan sosial dimana sains tersebut berkembang dan dipakai. Agar apa yang dipelajari bisa langsung diterapkan dalam kehidupan nyata

Saat ilmuwan divonis bahwa mereka harus bertanggung jawab tentang apa yang mereka teliti didistribusikan pada masyarakat luas, sains yang memiliki dampak positif dan tentu saja dampak negatif dan apa yang ingin saya sampaikan yaitu teknologi. Definisi yang luas tentang teknologi adalah segala aspek dari aktivitas tekhnik manusia, tidak hanya yang menghasilkan produk dari pabrik namun juga akumulasi pengetahuan teknis dan berbagai teknik spesifik yang dipakai. Terdapat dua syarat aplikasi sains supaya bisa dikatakan layak: yaitu rasional (nyata) dan efisien (mengoptimalkan penggunaan waktu, tenaga dan biaya).

Dengan hadirnya teknologi dalam kehidupan manusia zaman ini. Tentu saja menghadirkan berbagai dampak, baik dampak positif maupun dampak negatif. Jika teknologi dimanfaatkan sebaik mungkin dan tanpa ada unsur yang “macam-macam” maka teknologi tentu saja memberi dampak positif pada kehidupan manusia. Tetapi ada saja manusia yang menggunakan teknologi untuk tindak kriminal yang sangat merugikan manusia lain dan teknologi itu sendiri. Kita masing-masing manusia harus bisa menguasai teknologi dan bukan dikuasai teknologi itu sendiri.

Dewasa ini banyak sekali dikabarkan teknologi yang merugikan, dan itu tentu saja disebabkan oleh manusia itu sendiri. Seperti anak yang meninggal karena mengonsumsi komputer selama lebih dari 3 hari. Memang kadang sulit sekali dipercaya. Tetapi apa daya, memang manusia di dunia ini bermacam-macam. Tergantung kita masing masing manusia yang membuat keputusan dalam mengkonsumsi sains dan teknologi. Para ilmuwan yang menciptakan pun bungkam melihat semua ketidakwajaran manusia manusia tersebut.

Dengan berkembangnya teknologi, banyak juga teknologi yang menguntungkan. Itu dapat terlihat dari berbagai kemudahan dalam melakukan sesuatu sekarang, bepergian lintas kota bahkan benua telah ada sekarang. Telepon genggam dari yang terbaik hingga tercanggih telah lengkap sekarang. Berbagai mesin pengolah makanan, pengolah pakaian. Proses pembangunan berbagai bangunan menjadi lebih mudah sekarang karena adanya teknologi yang memudahkan berbagai pekerjaan berat manusia. Itu merupakan suatu kesuksesan sains mengubah kehidupan manusia

Sains merupakan suatu ungkapan kata yang tak habis dibahas. Merupakan suatu karunia Tuhan yang sangat menakjubkan dan gemilang. Sulit dibayangkan jika dunia tanpa sains. Berbagai pekerjaan menjadi lambat dan tidak efisien. Dan berbagai proyek megah hanya mimpi jika tanpa teknologi.

Penulis
Ardyanto – Siswa kelas 12 IPA SMA Bina Mulia Pontianak

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s