Suatu Sore di Bulan Desember 2014


Suatu Sore di bulan Desember 2014

Suatu Sore di bulan Desember 2014

Suatu sore di bulan Desember 2014, tepatnya pada tanggal 12 bulan itu, rutinitas mengajar di bimbingan belajar berjalan seperti jadwal biasanya. Yang berbeda hanyalah jumlah anak-anak bimbel yang hadir sudah tidak seramai biasanya. Beberapa anak sudah meminta cuti untuk berlibur, maklumlah karena ujian akhir semester ganjil telah dilewati.

Sebagiannya lagi masih rajin belajar mempersiapkan diri untuk materi pelajaran di semester genap nanti.

Hari itu, suasana kelas cukup sepi karena beberapa anak ijin tidak masuk dengan alasan yang bisa diterima, ditambah lagi dengan sebagian yang datang terlambat. Akan tetapi, tidak muncul sedikit pun kecurigaan, mungkin karena sudah masuk suasana liburan, jadi wajar kalau kelas sepi. Kegiatan belajar tetap berjalan normal dengan diselingi obrolan dan candaan ringan yang cukup ampuh mengusir rasa kantuk dan bosan takkala belajar di sore hari.

Suasana kelas yang sepi mendadak sirna bagaikan ada petasan yang meledak di dalam ruangan. Sungguh, diri ini kaget, benar-benar kaget tapi tidak sampai stroke. Dari arah pintu sebelah dalam ruang kelas, muncul beberapa anak yang tidak hadir hari ini dengan kue ulang tahun bulat bertatahkan puluhan lilin di sekeliling atasnya. Lilin yang telah menyala dan menunggu ditiup padam oleh si penerima kue. Bersamaan dengan itu, yang lain menyerbu masuk dari pintu depan. Sembunyi dimana mereka sebelumnya, kenapa bisa tidak ketahuan oleh saya.

Kejutan yang sungguh-sungguh tidak tercium sama sekali gerak-geriknya. Kejutan yang benar-benar sukses mencapai tujuannya. Saya sempat duduk tersenyum bercampur tawa sambil geleng-geleng kepala, bukan sedang dalam pengaruh alkohol atau pun bahan terlarang lainnya. Tapi efeknya sungguh demikian adanya karena inilah kali pertama diri ini tidak berhasil mengetahui sedikit pun kejutan yang disiapkan. Di episode-episode sebelumnya, paling tidak masih ada sedikit tercium aroma acara kaget-kagetan yang disiapkan oleh anak-anak, hehehe….big grin

Yenny, Tifany, dkk bersiap-siap di belakang

Yenny, Tifany, dkk bersiap-siap di belakang

Pemilihan tanggal yang tepat membuat saya tidak curiga dengan gerak-gerik mereka hari itu. Saya berulang tahun sehari sebelumnya. Obrolan seputar ulang tahun, makan-makan, dll saya kira telah berakhir kemarin. Pertahanan ini sungguh dalam kondisi lengah dan mereka sukses melakukan eksekusi yang tepat. Apakah diri ini harus mengakui bahwa seiring dengan bertambahnya usia, saya sudah semakin tua dan lengah. Oh no…saya masih merasa muda dan asli saya masih muda, walau pingggang kadang terasa pegal karena efek menggendong Yuna, percayalah saya masih muda cool

Hal lain yang cukup meninggalkan kesan waktu itu adalah kalau mulut ini nyaris manjadi kaku karena meniup lilin. Lilin apa sih itu, ditiup dak padam-padam. Udahlah padam, bisa menyala lagi. Tiup lagi, padam, eh3x…nyala lagi tuh lilin. Ambil sisi positifnya aja. Jadi kalau udah make a wish terus tiup lilin, bisa make a wish dan tiup lilin lagi. Lah lilinnya nyala lagi. Hihihi….

Terima kasih untuk kalian semua yang telah membuat kejutan yang begitu istimewa. Kejutan yang saya yakin tidak akan terlupakan dengan mudah dalam hidup. Momen yang akan terlekat dengan baik dalam ingatan.

Terima kasih, kejutan yang menyenangkan

Terima kasih…sungguh kejutan yang menyenangkan 🙂

Oh iya, waktu itu ada yang bertanya “apa wishes bapak?”. Harapan waktu itu adalah “Semoga yang akan menghadapi UN dapat lulus semua dan yang lain naik kelas dengan nilai memuaskan di semester genap nanti”. Itulah juga yang menjadi alasan kenapa artikel yang pernah dijanjikan ini baru ditulis kira-kira setengah tahun kemudian, menunggu hasil UN dan pembagian Rapor kenaikan kelas.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s